Ini Manfaat Mengonsumsi Kurma Saat Ramadan

05 June 2018



TETTOTUMKM.COM, Tidak makan dan minum selama seharian saat berpuasa bisa menurunkan energi. Untuk memperbaiki hal ini, berbukalah dengan kurma. Tidak hanya mengembalikan energi, kurma juga memiliki banyak manfaat lainnya jika dikonsumsi saat sahur atau berbuka puasa.

Melansir dari Boldsky, kurma dapat memberikan nutrisi dan energi yang dibutuhkan sehabis berpuasa. Kurma kaya akan zat besi, kalsium, magnesium, selenium, serat, kalium, sukrosa, glukosa, fruktosa, dan lain-lain.

Kurma membantu mengendalikan rasa lapar saat berbuka puasa. Ini juga membantu orang menghindari makan berlebih setelah puasa. Kurma mempersiapkan perut untuk proses pencernaan setelah tidak aktif selama puasa. Kurma juga mencegah konstipasi selama berpuasa. Lebih lanjut, berikut manfaat mengonsumsi kurma selama bulan Ramadan. 

Mengembalikan energi

Secara cepat, kurma akan memberikan energi yang sangat dibutuhkan saat berpuasa. Buah khas Timur Tengah ini kaya glukosa, fruktosa, dan sukrosa yang dapat meningkatkan energi secara instan.

Mengurangi tingkat kolesterol

Selama berpuasa, ketika tubuh sedang dalam proses menghapus racun secara terus-menerus, kurma dapat membantu proses detoksifikasi. Kurma menghilangkan kolesterol jahat dari tubuh. Dengan demikian kurma bisa menjaga kesehatan jantung juga otak.

Bunuh infeksi bakteri

Beberapa varietas kurma membunuh infeksi bakteri di dalam tubuh saat mereka bertindak sebagai antibiotik yang kuat. Telah dibuktikan dalam sebuah penelitian bahwa kurma 50% sama efektifnya dengan penisilin antibiotik.

Mengobati sembelit

Kurma kaya serat. Dengan begitu bisa membantu melancarkan pergerakan pencernaan pada usus. Makan kurma setiap hari dapat mencegah sembelit. Kurma juga meningkatkan gerakan peristaltik usus yang penting untuk buang air besar.

Untuk tulang kuat

Kurma kaya akan mineral seperti tembaga, selenium, magnesium, kalsium, dan lain-lain. Semua mineral ini diperlukan untuk tulang yang kuat.

Mencegah kanker dan penuaan dini

Antioksidan dalam kurma membantu menghilangkan radikal bebas dan racun dari tubuh. Mereka mendetoksifikasi hati dan membantu melawan sel kanker. Kurma juga dapat mencegah penuaan dini.

Mengobati anemia

Kurma kaya akan zat besi. Mengonsumsi kurma secara teratur membantu pembentukan hemoglobin, yang merupakan bagian penting dari sel darah merah dan membawa oksigen ke sel-sel tubuh. Penderita anemia sangat disarankan untuk mengonsumsi kurma.

Mencegah stroke dan serangan jantung

Kurma kaya magnesium untuk jantung dan pembuluh darah. Kurma mencegah penyumbatan arteri dan dengan demikian aliran darah akan lancar. Makan kurma setiap hari membuat jantung sehat dan mencegah serangan jantung.

Mengurangi tekanan darah

Orang dengan hipertensi harus makan kurma. Kurma kaya kalium dan magnesium yang membantu mengatur tekanan darah yang normal. Mereka juga mengurangi kekakuan arteri dan meningkatkan aliran darah yang tepat.


Sumber Berita :http://ayobogor.com/read/20180523/123/1539/ini-manfaat-mengonsumsi-kurma-saat-ramadan
52 View


SHARE



.